Cari Modal Usaha, Jalan Kaki Surabaya-Jakarta

03 December 2010

Awalnya tidak ada yang peduli ketika sosok berbaju loreng ini melintas di lapangan Pancasila, Salatiga. Tetapi setelah diamati, di bajunya terdapat tulisan yang menarik mata “JALAN KAKI SURABAYA-JAKARTA”. Dia adalah Helman Kamal Husin (51 tahun). Sejak 25 November dia berangkat dari Surabaya menuju Jakarta.
Awalnya penderita tuna rungu ini berangkat bersama seorang temannya, Bambang Soegiarto (54 tahun). Tetapi ketika baru sampai di Madiun, Bambang tidak kuat dan memutuskan untuk pulang naik bis. Sebenarnya apa tujuan pria kelahiran Semarang ini sampai nekat berjalan kaki melintasi 3 propinsi? Ternyata dia ingin bertemu dengan presiden SBY untuk meminta bantuan untuk membuka usaha kecil-kecilan di Surabaya. Wow, sebuah usaha yang patut diacungi jempol.





Helman sudah 30 tahun tinggal di Surabaya bersama anak dan istrinya. Di sana, dia bekerja sebagai penjahit. dia berharap dapat bertemu dengan presiden atau setidaknya pemeritah yang mau memberinya bantuan. dalam perjalanannya menuju Jakarta, sehari-hari dia tidur di masjid. Untuk mencukupi kebutuhan makan, ternyata banyak orang yang bersimpati dan mau memberinya uang tanpa dia harus meminta belas kasihan.
Raut wajahnya yang sudah tua dan lelah tenggelam dalam semangat yang menggelora. semoga saja Helman berhasil mencapai apa yang diinginkannya. (Estu Gumelar)

0 komentar:

Post a Comment